Berita

Soal Polemik Vaksin Nusantara, Kemenkes RI: Tunggu Saja Rekomendasi BPOM

Kamis, 15 April 2021 - 16:27
Soal Polemik Vaksin Nusantara, Kemenkes RI: Tunggu Saja Rekomendasi BPOM Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi. (FOTO: dok Kemenkes RI)

TIMES SORONG, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) turut buka suara setelah peneliti vaksin Nusantara tetap melanjutkan uji klinis ke fase II meski tak direstui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pihak Kemenkes meminta para peneliti vaksin yang diinisiasi oleh mantan Menkes RI, Terawan Agus Putranto itu menunggu rekomendasi dari pihak BPOM terlebih dahulu.

"Kita tunggu saja rekomendasi dari BPOM selaku pihak berwenang yang mengeluarkan izin penggunaan vaksin di Indonesia," ujar Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, Kamis (15/4/2021).

Ia melanjutkan, pada prinsipnya, pemerintah akan memastikan keamanan dari setiap vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk program vaksinasi di Tanah Air.

"Oleh karenanya, dalam pengembangan vaksin harus mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang sudah diakui dan sesuai standar WHO," jelasnya.

Diketahui, hingga saat ini BPOM belum mengeluarkan izin bagi riset untuk lanjut ke uji klinis fase II. Kepala BPOM Penny K Lukito menyampaikan, ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam uji klinis dari vaksin Nusantara itu.

Mulai dari kaidah penelitian, metode produksi, kualitas bahan, hingga bukti manfaat dan keamanannya. Ia menegaskan, jika uji klinis dilakukan tanpa mematuhi aturan dan standar yang ada, akan ada risiko masalah yang harus ditanggung.

"Harus memenuhi poin-poin dalam protokol tapi tidak dilakukan, tentunya akan mengalami masalah sendiri. Tahapan-tahap tersebut tidak bisa diabaikan," katanya.

Selain itu, meski BPOM belum memberikan izin kelanjutan uji klinis vaksin Nusantara, sejumlah tokoh menyodorkan diri untuk disuntik vaksin yang diinisiasi oleh Terawan itu. Salah satunya yakni Aburizal Bakrie dan Gatot Nurmantyo.

Mereka percaya dengan Terawan. Apalagi kata mereka, vaksin Nusantara ini adalah karya anak bangsa yang harus diberikan dukungan penuh. Namun Kemenkes RI memilih untuk menunggu rekomendasi dari BPOM(*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sorong just now

Welcome to TIMES Sorong

TIMES Sorong is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.