Berita

[CEK FAKTA] Suara Rizieq Shihab Disiksa Satuan Polri Densus 88

Kamis, 15 April 2021 - 17:19
[CEK FAKTA] Suara Rizieq Shihab Disiksa Satuan Polri Densus 88 Sebuah rekaman yang diklaim suara Muhammad Rizieq Shihab beredar di Facebook.

TIMES SORONG, JAKARTA – Informasi berupa rekaman suara beredar di media sosial Facebook. Dalam informasi yang diunggah akun FB Info Kegubernuran 9 Naga, terdapat rekaman yang diklaim suara Muhammad Rizieq Shihab disiksa oleh Satuan Polri (Densus 88).

Rekaman suara tersebut dibarengi dengan narasi yang bertuliskan: Suara Rizieq Shihab disika oleh satuan POLRI (D88).

Akun FB Info Kegubernuran 9 Naga juga memposting narasi yang menyertai rekaman suara tersebut. Berikut narasinya:

James Riyadi :
"Siapapun yang merasa pahlawan bagi pribumi, menentang kekuatan 9Naga dan MSS (sebagai pemilik Indonesia yang sesungguhnya), maka siksaan dan kenistaanlah yang pantas baginya agar tak ada lagi tokoh-tokoh Ulama yang menentang kami."
"POLRI adalah eksekutor kami,
Pemerintah Indonesia hidup dari kami,
TNI tunduk kepada kekuatan politik,
Seluruh Partai pendukung Pemerintah pun menggantungkan nyawanya kepada kami,
Sumber daya alam Indonesia sepenuhnya kami yang mengelola,
Pribumi Indonesia tak pantas bekerja di ratusan perusahaan 9Naga yang tersebar di seluruh Indonesia."
(Dalam video : suara RlZlEQ sang pemberontak berhadapan dengan D88)

Postingan tersebut telah mendapat 32 komentar dan dibagikan sebanyak 110 kali, tercatat hingga Rabu (14/4/2021).

cek-fakta-Rizieq-Shihab-2.jpgSumber: Facebook

CEK FAKTA

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi terkait suara Muhammad Rizieq Shihab disiksa oleh Satuan Polri (Densus 88) merupakan informasi hoaks. Sebab, informasi yang dicantumkan tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia menemukan bahwa rekaman tersebut berasal dari video Rizieq Shihab yang marah kepada aparat keamanan, karena dianggap telah berbuat kasar kepada pengacaranya, saat dijadwalkan ikut sidang virtual di PN Jakarta Timur dari ruang Rutan Bareskrim Polri.

Namun setelah menelusuri kondisi dibalik rekaman itu, diketahui bahwa itu merupakan rekaman dari video Habib Rizieq yang marah kepada polisi karena dugaan pemukulan terhadap pengacaranya saat dijadwalkan ikut sidang virtual di PN Jakarta Timur dari ruang Rutan Bareskrim Polri.

“Hei jangan main kasar kau, awas main kasar kau. Kenapa kau pukul pengacara?” ujar Rizieq yang terdengar dalam video.

Habib Rizieq diduga menolak untuk bersidang secara online. Dirinya juga sempat mengatakan kepada Majelis Hakim bahwa dirinya tidak akan mengikuti sidang karena dirinya menganggap bahwa petugas telah berbuat kasar kepadanya.

“Saya didorong, saya tidak mau hadir. Saya sampaikan ke Majelis Hakim, saya tidak ridho dunia-akhirat. Saya dipaksa, didorong, dihinakan,” kata Rizieq seperti dilansir Detik.com, Jumat 19 Maret 2021.

cek-fakta-Rizieq-Shihab-3.jpgSumber: Rizieq Berontak Dibawa ke Sidang Virtual: Saya Dipaksa, Didorong, Dihinakan! | Detik

Pemberitaan serupa juga ditulis oleh okezone.com pada 19 Maret 2021. Diinformasikan dalam media tersebut, Habib Rizieq Shihab memarahi petugas di Bareskrim Polri diduga adanya pemukulan terhadap kuasa hukumnya oleh petugas.

cek-fakta-Rizieq-Shihab-4.jpgSumber: Kuasa Hukumnya Dikasari Petugas, Habib Rizieq Ngamuk di Bareskrim | Okezone

Selanjutnya, melansir dari ayosemarang.com, pihak kuasa hukum Habib Rizieq tidak bisa memastikan apakah ada aksi kekerasan terhadap Rizieq saat dibawa paksa.

Terkait dengan dugaan penyiksaan oleh Polri (D88), hal ini merupakan kekeliruan. Satuan anggota Polri yang tergabung dalam D88 atau Densus88 adalah satuan yang bertugas khusus dalam bidang pemberantasan terorisme. Dalam hal ini belum ada bukti bahwa kasus Habib Rizieq termasuk dalam ranah terorisme. Dan lagi, tidak ada informasi valid yang menyatakan bahwa anggota Densus88 juga ikut dalam mengawal sidang Habib Rizieq.

cek-fakta-Rizieq-Shihab-5.jpgSumber: Pengacara Diduga Dipukul, Habib Rizieq Ngamuk di Bareskrim | AyoSemarang

Sidang pertama Habib Rizieq bisa disaksikan di channel Akun YouTube, PN Jakarta Timur. Dalam video tersebut ditampilkan secara utuh persidangan pertama Habib Rizieq Shihab. 

cek-fakta-Rizieq-Shihab-6.jpgSumber: [16 Maret 2021] SIDANG PERTAMA HRS, Dkk, Acara : Dakwaan | YouTube

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai suara Muhammad Rizieq Shihab disiksa oleh Satuan Polri (Densus 88) tersebut merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang suara Muhammad Rizieq Shihab disiksa oleh Satuan Polri (Densus 88) masuk dalam kategori Misleading Content (Konten Menyesatkan). 

Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sorong just now

Welcome to TIMES Sorong

TIMES Sorong is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.