Gaya Hidup

Ini Dia Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Berkualitas

Sabtu, 06 Maret 2021 - 06:29
Ini Dia Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Berkualitas Buah Naga atau Dragon Fruits termasuk tanaman berjenis kaktus (Foto: Pinterest)

TIMES SORONG, JAKARTA – Buah yang sedang musim pada Februari hingga Maret ini dan beredar di pasar adalah buah naga, buah dari jenis kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus.

Buah ini berasal dari Meksiko,Amerika Tengah dan Amerika selatan, buah yang sudah dikembangkan di negara tropis yaitu Vietnam,Filiphina,Malaysia dan Indonesia. Buah naga mempunyai 2 varian berwarna putih dan ungu kemerahan.

Buah Naga 2

Beberapa vitamin yang dikandung buah ini antara lain Sumber zat besi dan kaya vitamin C. Ini lah beberapa cara memilih buah naga yang manis dan berkualitas.

Buah Naga 3

1. Periksa kelopak yang menutupi buah

Seperti daun yang di buah biasa, carilah kelopak yang berwarna hijau bukan coklat, untuk memastikan buah tersebut segar.

2. Bentuk buah naga

Carilah buah yang seukuran biasa bukan yang besar banget, karena terkadang buah yang besar tersebut dibuat untuk cepat matang atau diberikan pemanis.

3. Warna yang cerah

Memastikan warna cerah di keseluruhan buah adalah cara yang tepat untuk memilih kualitas buah naga yang baik dan buah tersebut kurang matang, carilah yang berwarna merah pekat.

4. Motif kelopak jarang

Karena jika kelopak tersebut berjarak jauh maka dijamin buah naga tersebut manis dan berkulit tipis.

5. Cium aroma

Jika wangi dan mengeluarkan bau manis maka dijamin buah tersebut manis dan air yang dikandung buah naga tersebut banyak.

6.Tekan buah

Menekan buah perlahan akan mengetahui kualitas buah tersebut sudah matang sempurna atau busuk. Jika sudah empuk maka pilihkan buah naga yang bertekstur keras tapi bisa dibentuk atau berbentuk padat. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sorong just now

Welcome to TIMES Sorong

TIMES Sorong is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.